Ngeblog Apa Bisa Kaya? Sebenarnya Apa Keuntungan Ngeblog?

Ngeblog Apa Bisa Kaya? Sebenarnya Apa Keuntungan Ngeblog?

Konten [Tampil]
Ngeblog Apa Bisa Kaya? Sebenarnya Apa Keuntungan Ngeblog? 
Kalo ditanya tentang apa bisa kaya ngeblog itu, saya rasanya fifty-fifty. Mulai dari mencari ide buat konten lalu membuat postingan-postingan yang awalnya tidak jelas dan cenderung hanya berisi materi pendidikan atau teknologi semata hingga kini bisa membuat postingan yang cukup berkualitas dan bermanfaat bagi pembaca. 

Dulu, saya hanya berpikiran bahwa ngeblog itu hanya sekedar nulis saja, tapi kenyataannya ngeblog itu bisa mengahasilkan uang dari mitra google adsense. Kebanyakan dar kita berangggapan bahwa dengan ngeblog langsung bisa kaya raya karena dapat gaji dari googe adsense. 
Tahan dulu kawan! Berikut saya tumpahkan pada barisan kata demi kata. Bahwa ngeblog apa bisa kaya itu tidak menjamin, karena belum tentu blog kamu didaftarakan google adsense langsung aman terus, mustahil kawan, kalian musti aktif, update konten, artikel, menjaga iklan adsense, menaja trafik, menjaga visitor bisa stabil dan masih banyak lagi yang bikin kepala pusing.

Keuntungan ngeblog itu sebenarnya buat memberikan informasi setelah saya melupakan blog lainnya yang telah hilang. Lebih tepatnya karena terlalu lama saya menelantarkannya sehingga saya pun lupa alamat dan password yang pernah saya gunakan. 

Lambat laun saya menikmati aktivitas blog walking karena berjumpa dengan salah satu artikel yang menggugah hati saya untuk membuat postingan yang lebih bermanfaat, apalagi saat itu saya telah mengetahui bahwa saya bisa menghasilkan uang dari aktivitas ngeblog ini. 

Akhirnya semakin giat saya membuat postingan yang lebih berkualitas dan memperhatikan pembaca saya. Tidak mudah memang membuat postingan yang berkualitas, harus benar-benar dipikirkan secara matang karena konten tersebut yang akan menentukan 'harga' dari sebuah blog. 

Tak jarang, karena saking susahnya mendapat ide dan inspirasi, saya vakum berapa hari bahkan pernah beberapa minggu gak ngeblog karena saking buntunya ide yang keluar dari otak saya.

Mungkin itu adalah sebuah seni yang memang harus saya rasakan, dengan begitu saya akan mengerti bahwa kualitas dari sebuah postingan itu memang sangat diperlukan. Akhir-akhir ini blog saya telah membawa banyak sekali kebahagiaan dalam hidup saya secara pribadi, karena saya telah mengenal banyak ide dan belajar SEO setelah sekian lama berkutat dalam dunia ini. 
Tips dan Trik SEO tersebut menuntut saya untuk membuat sebuah tulisan yang istilahnya bisa merebut hati para user atau pembaca, sehingga mau tidak mau saya akan membuat sebuah postingan yang berkualitas. 

Dengan demikian, pengalaman mengikuti belajar SEO dalam ngeblog ini secara tidak langsung mengasah kemampuan saya untuk menulis. Terlebih lagi jika saya menang dalam di peringkat halaman pertama google tersebut, akhirnya menjadi sebuah candu untuk terus ngeblog dan menjadi SEO Expert.

Blog ini pula juga yang mengantarkan saya untuk meraih mimpi saya yaitu menerbitkan sebuah karya dalam sebuah buku. walaupun buku pertama adalah berjudul Peran SEO dan Digital Marketing tapi berjuta rasanya buat pemula seperti saya ini. Benar-benar dream comes true bagi saya.

Hal yang paling tidak pernah saya sangka adalah bahwa blog ini telah membawa saya kepada beberapa komunitas web developer dan SEO Spesialis yang sebelumnya belum pernah saya ikuti. 

Dengan demikian kemampuan menulis saya baik fiksi maupun non fiksi semakin terasah. Apalagi saya mendapat teman-teman baru sesama komunitas yang telah mengajarkan saya banyak sekali pengalaman yang sangat bermanfaat dalam dunia blogging. 

Walaupun hanya sebatas teman dalam dunia maya, tapi mereka telah berhasil memotivasi saya untuk selalu mengisi rumah saya ini dengan postingan yang luar biasa. Sungguh, mereka adalah teman-teman yang sangat luar biasa.

Kedengarannya semuanya baik-baik saja dan banyak bertanya apakah ngeblog bisa kaya apa keuntungan ngeblog? Tentu tidak. Tapi nanti kalian akan merasakan suka dan duka.

 Duka yang pertama adalah jika saya tidak mendapatkan koneksi internet atau wifi mati, listrik mati, ide buntu, niche tidak sesuai, trending tidak ada, kueri tidak menarik dan pastinya tidak semangat. 

Sungguh kelimpungan luar biasa jika saya tidak menyentuh blog saya ini. Salah satu dukanya adalah saat ada seseorang yang mencela tulisan saya. Tak jarang saya mendapat cibiran dari beberapa orang yang tidak suka dengan tulisan saya atau mungkin lebih tepatnya tidak suka dengan saya namun ditujukan pada tulisan-tulisan saya. 

Bagi saya, yang harus saya lakukan adalah menunjukkan dengan prestasi. Duka yang lainnya adalah saat ide enggan muncul dari otak saya, sungguh bencana.

Untuk keuntungan blog atau template saya suka tampilan yang cerah, rame, eye catching, dan responsif, jadi pembaca bisa betah untuk lama-lama berkunjung di blognya saya. Dan saya juga ada sedikit saran untuk header blognya.  

Saya ini sudah ngeblog 8 tahun, dari tahun 2001, saya kalo harus menyiapkan banyak postingan, Secara saya kan baru kenal. Jadi saya memutuskan untuk memilih postingan terkini agar sebagai postingan favorit saya. 
Lantas saya membayangkan lalu lintas di Indonesia terutama di Yogyakarta tempat saya tinggal sekarang. Mereka berasa dewa jalanan. Andaikan semua orang memiliki jalan sedemikan rupa pasti lalu lintas di Indonesia akan semakin nyaman. 

Tapi paling tidak setiap orang yang berkunjung ke blog saya bisa melihat dan membzca artikel atau konten yang saya buat dan dapat mengaplikasikan dalam kehidupan nyata. Amin.